Minggu, 26 April 2020

Sejarah Perkembangan Mobile App


Pengembangan Aplikasi mobile secara Exclusive dimulai saat diluncurkanya smartphone BlackBerry. Saat smartphone mulai berkembang, bisnis aplikasi mobile juga ikut berkembang seperti beberapa aplikasi store App World yang diusung Blackberry, App Store yang diusung Apple, Play Store yang diusung Android dan Store yang diusung Windows.

1. Tahun 2011
Pada tahun 2011, permintaan pembuatan aplikasi mobile terus meningkat. Mulai dari aplikasi office, PIM, multimedia. Satu lagi aplikasi yang saat ini lagi nge-trend adalah aplikasi yang menggabungkan teknologi web dengan teknologi mobile. Seperti facebook, twitter, gmaps.

2. Tahun 2013
A. Kuartal Pertama 2013
Trend pengembangan aplikasi mobile lebih ke arah game seperti angry bird, where’s my water, temple run, flappy bird, dan masih banyak game-game menarik lainnya. IOS telah melebihi jumlah pengeluaran yang terjadi di dalam game mereka dibanding dengan game-game yang dioptimasi untuk handheld.

B. Kuartal Kedua 2013
Pada kuartal kedua ini, giliran google play yang telah membalap game-game handheld tersebut. Google play mampu menyaingi dan merebut perhatian serta pasar game handheld yang diusung IOS.

C. Kuartal Ketiga 2013
Pada kuartal terakhir ini, gabungan antara google play dan iOS telah melampaui game-game yang telah dioptimasi untuk handheld hingga 3x lipatnya.  Selain game, tahun 2013 merupakan era invasi aplikasi bertukar pesan besar-besaran. Selain nama besar yang sudah kita kenal yakni Whatsapp dan Skype, muncul pemain baru yang berhasil merombak peta komunikasi di Indonesia yakni Line, KakaoTalk, dan WeChat. Mereka tidak hanya muncul sebagai aplikasi bertukar pesan, tapi banyak yang sudah berevolusi menjadi sebuah platform dan mereka berhasil meng-generate revenue besar dari sana. Dua aplikasi yang paling booming di 2013 adalah Vine dan Snapchat. Tak hanya itu, aplikasi editing untuk social media berbasis foto dan video juga menjadi sangat viral di 2013 ini. Salah satu yang paling ramai digunakan adalah Camera360.

3. Tahun 2016
Pada tahun 2016 aplikasi mobile yang lagi nge-trend yaitu aplikasi yang menerapkan fitur virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) seperti aplikasi cardboard, Vrse, Fulldive VR dan VaR’s VR Video Player. Tak hanya itu, Layanan Berbasis Lokasi (LBS – Location Based Services) meningkat hingga 38%. Namun, masih ada peluang besar dalam indoor mapping, navigation services, location-based payments, safety, security dan masih banyak lagi. Tahun 2016 juga marak aplikasi kesehatan. Tak hanya itu, Layanan Berbasis Lokasi (LBS – Location Based Services) meningkat hingga 38%. Namun, masih ada peluang besar dalam indoor mapping, navigation services, location-based payments, safety, security dan masih banyak lagi. Tahun 2016 juga marak aplikasi kesehatan.

4. Tahun 2017
Ditahun 2017, masyarakat lebih suka membagi data personal pada era perkembangan internet yang pesat. Trend aplikasi mobile yang muncul lebih ke arah marketing sepeti aplikasi berbasis teknologi GPS dan real time, aplikasi big data, dan aplikasi yang menyasar segmen atau pasar tertentu (niche market), contohnya di Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Lazada, dll. Aplikasi tersebut mampu menarik minat masyarakat sebab dinilai bermanfaat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan dan meringankan pekerjaan masyarakat.

5. Tahun 2018
Meningkatnya perkembangan internet telah membawa ke tahap dimana kita mengalami perkembangan aplikasi pada smartphone yang terus meningkat. Teknologi apapun tidak dapat bertahan tanpa perkembangan yang terus – menerus terjadi. Beberapa perkembangan android yang berpengaruh dari segi aplikasi antara lain :

A. Wearable Device
Perangkat yang bisa dipakai dibagian tubuh manusia yang berhubungan dengan operasi komputer dan teknologi yang canggih dengan memperhatikan estetika dan fungsi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari. Teknologi ini menggunakan prinsip Wearable technology yang bisa dipakai dan diimplementasikan pada kehidupan sehari – hari.

B. Teknologi Beacon
Alat sensor yang menggunakan teknologi seperti bluetooth sebagai komunikasi nya. Awalnya teknologi ini tersedia untuk perangkat IOS saja akan tetapi saat ini Teknologi Beacon sudah banyak dibuat oleh perusahaan – perusahaan pengembang Android.

C. Augmented Reality dan Virtual Reality
Teknologi ini telah menjadi teknologi landasan yang digunakan untuk saat ini. Teknologi yang memungkinkan seseorang merasakan situasi seperti kehidupan nyata melalui indera pendengaran dan juga indera penglihatan mereka. Teknologi ini juga banyak digunakan untuk pada bidang-bidang seperti industri film, hiburan, simulator penerbangan dan lain sebagainya.

D. Instant Apps
Sebuah aplikasi yang dapat digunakan tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu pada perangkat android. Dengan aplikasi ini pengguna hanya perlu mendonwload satu aplikasi dengan banyak fitur dan kegunaan didalamnya.

E. In App Payment
Sebuah pengembangan android yang digunakan untuk melakukan pembayaran online dengan dilengkapi oleh keamanan yang bisa langsung digunakan pada perangkat android, kebanyakan ini digunakan pada saat melakukan e-commerce.

Pengembang android selalu melakukan inovasi, keunikan dan update yang reguler jadi dengan ini kemajuan perkembangan android telah masuk kedalam level yang lebih tinggi dan telah dapat memuaskan penggunanya di seluruh dunia.


Sumber : harmonipermata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar